Saturday 10 April 2010

Robot-Robot Kecil Beradu di SMU 28 Jakarta

Jakarta - Bentuknya tidak terlampau besar seukuran permainan anak kecil pada umumnya. Modelnya seperti mobil balap, dilengkapi dua roda. Ditopang warna lampu LED mencolok, robot-robot itu benar-benar membuat riuh seisi aula sekolah.

Bertempat di SMU 28 Jakarta, Sabtu (10/4/2010) puluhan siswa-siswi dari berbagai daerah di Jakarta memadati aula sekolah. Dengan semangat, mereka saling berkompetisi memperebutkan gelar juara selama satu hari penuh, dalam ajang bernama Robotic Day 2010. Mereka semua tampak begitu menikmati kompetisi ini.

Acara adu robot ini diselenggarakan sendiri oleh kelompok ekstrakurikuler SMU 28, bernama Robotic 28. Namun tak seperti kontes KRI dan KRCI beberapa waktu lalu, kategori yang dilombakan siang ini berlangsung lebih sederhana. Namanya adalah Maze Solving.

"Maze Solving adalah perlombaan robot yang intinya mengikuti track. Peserta cukup merakit robot, yang dilanjutkan adu cepat mencari track dari posisi start hingga finish," ujar Cahaya Ikhwan, Ketua Pelaksana Robotic Day 2010, saat ditemui detikINET.

Jumlah peserta kompetisi 'robot-robot balap' tersebut adalah 41 kelompok, dimana satu timnya terdiri dari dua orang. Mereka terdiri dari siswa-siswi SMU, SMK, dan SMP. "Peserta kebanyakan berasal dari Jakarta, kontestan terjauh berasal dari Banten dan Sidoarjo," tambah Ikhwan.

Pantauan detikINET di lapangan, acara yang disponsori oleh MSi tersebut bakal selesai sore ini. Juara pertama akan mendapat hadiah uang tunai Rp. 3 juta ditambah satu laptop dari MSi. Sementara juara kedua akan mendapat uang tunai sebesar Rp. 3 juta. ( fw / fyk )



dikutip dari DETIK.COM

No comments:

Post a Comment