Monday 5 July 2010

Koobface Baru Datang Dengan Modus Lama


Jakarta -
Peneliti dari Trend Micro kini mengungkap jenis worm Koobface terbaru. Program jahat itu masih menyebar melalui pesan Facebook dengan modus sama, yakni memancing pengguna ke sebuah situs asing.

Koobface merupakan varian program jahat yang menyerang situs jejaring sosial macam Facebook, MySpace, Twitter, Hi5, Bebo dan Friendster.
Dikutip dari DetikINet.com

Koobface memanfaatkan fitur messaging di Facebook untuk menginfeksi komputer (PC), lalu mencoba mencuri informasi penting seperti nomor kartu kredit.

Berdasar laporan terakhir Trend Micro yang dilansir softpedia, Senin (5/7/2010) Koobface terbaru itu menyerang pengguna Facebook dengan isi pesan seperti berikut."Someobdy upload a vdieo wtih you on utbue. you shuold see," diikuti link berikut ini:http://www.facebook.com/l/ae2d7CYBUtLFPs LAKPMtRXKpBA;www.{BLOCKED}rotherz.ca./19mai/.

Menurut Trend Micro, penggunaan kata-kata patah seperti utbue dan vdieo pada Koobface terbaru itu, untuk menghindari spam filter otomatis dari Facebook. Teknik ini muncul karena biasanya seseorang secara psikis hanya membaca kalimat di awal dan akhir saja.

Saat pengguna terpancing dan meng-klik link tersebut, maka ia akan dibawa ke situs YouTube palsu dengan pop-up yang muncul untuk segera mengupdate Flash Player. Jika pengguna mengkliknya, program jahat bernama WORM_KOOBFACE.IC langsung menyebar ke PC pengguna.

Dikutip Dari DetikINet.com

No comments:

Post a Comment